Pages

Berkenalan dengan Debian

Pada bahasan distro Linux sebelumnya telah disinggung beberapa distro Linux yang populer, salah satu diantaranya yaitu Debian. Sebenarnya kata “Debian” merujuk pada suatu organisasi yang secara sukarela mengembangkan free software dan mempromosikannya. Namun, kebanyakan orang menyebut “Debian” sebagai “Debian GNU/Linux”. Jadi untuk mempermudah, kita sepakat saja bahwa kata “Debian” yang akan kita bahas menunjuk pada “Debian GNU/Linux”.

Logo Debian


Lantas apa itu Debian GNU/Linux?

Gabungan antara filosofi dan metodologi Debian, GNU tools, kernel Linux, dan free software penting lainnya, jadilah sebuah bentuk distro Linux bernama Debian GNU/Linux (sebut saja Debian). Debian merupakan distro Linux pertama yang menyertakan paket manajemen untuk mempermudah meng-install dan menghapus software. Distro ini juga menjadi distro Linux pertama yang dapat di-upgrade tanpa perlu install ulang.

Debian memiliki berbagai paket software yang berisi program siap jalan (executables), scripts, dokumentasi, dan informasi untuk konfigurasi. Untuk menjaga software tetap up-to-date, terdapat maintainer atau pemelihara yang melakukan hal tersebut, juga memproses bug (kesalahan), dan berkomunikasi ke pemilik paket software. Dengan begitu kesalahan atau permasalahan pada software yang bersangkutan dapat segera ditemukan dan diatasi.



Referensi:
Debian Installer team. 2013. Debian GNU/Linux Installation Guide.

No comments:

Post a Comment