Pages

Distro Linux

Jangan Anda membayangkan distro disini sebagai sebuah toko yang menjual kaos, celana, atau perlengkapan pakaian lainnya. Kami akan membahas distro yang berkaitan dengan Linux.

Linux memiliki berbagai versi sesuai dengan tipe pengguna atau user, mulai dari pengguna baru sampai pengguna “kelas berat” Linux. Berbagai macam “rasa” Linux dapat Anda peroleh sesuai kebutuhan Anda. Versi-versi itulah yang disebut dengan distribusi Linux atau secara singkat disebut distro. Hampir semua distro Linux dapat di-download secara gratis, kemudian di-burn kedalam CD, DVD, atau flashdisk, lalu dapat Anda install pada komputer sebanyak yang Anda mau.

Contoh Tampilan Debian

Beberapa contoh distro Linux yang populer yaitu:

  • Ubuntu
  • Linux Mint
  • Debian
  • Fedora
  • openSUSE


Anda dapat melihat daftar distro Linux lebih banyak lagi pada situs distrowatch.com

Karena Linux bersifat open source maka siapa saja bisa “mengopreknya” sehingga dapat membuat distro Linux sesuai kebutuhannya. Ada beberapa distro Linux yang dikembangkan oleh generasi muda Indonesia, antara lain yaitu BlankOn Linux dan IGOS Nusantara. Hebat bukan?! :) Anda pun juga dapat membuat “rasa” Linux sendiri sesuai kebutuhan Anda. Untuk itu tetap dan terus belajar!


Referensi:
Wallen, J. 2014. The Complete Beginner's Guide to Linux. (Online), (http://www.linux.com/learn/tutorials/784060-the-complete-beginners-guide-to-linux), diakses 21 Februari 2015.

No comments:

Post a Comment